Home Nasional Pasca-Banjir Garut, Bupati Purwakarta Kerahkan ‘Pasukan Cangkul’

Pasca-Banjir Garut, Bupati Purwakarta Kerahkan ‘Pasukan Cangkul’

SHARE

Kotapatriot.com Sekitar 100 anggota ‘Pasukan Cangkul’ yang terdiri dari warga dan petugas kebersihan asal Kabupaten Purwakarta datang ke Garut membantu warga untuk membersihkan rumah dari sisa lumpur dan sampah pasca-banjir bandang.

“Reawan ini tugasnya membersihkan lumpur, sampah, atau puing-puing bekas banjir,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat (23/9/2016).

Menurut Dedi, para relawan yang sudah berada di lokasi sejak Kamis (22/9/2016), hingga kinj masih terus bergerilya membersihkan rumah warga dari sisa banjir bandang.

Seperti namanya, pasukan ini membekali diri dengan pacul. Tidak hanya itu sejumlah perkakas lain seperti gergaji, palu, kampak, sapu, hingga karung mereka bawa sebagai peralatan ‘tempur’ selama bertugas.

BACA: Aktivis Ganti Jabar dirikan posko bencana alam Garut

Dedi mengatakan, mobilitas pasukan tersebut akan difokuskan pada satu titik ke satu titik lain dan tidak disebar secara langsung. Hal itu dimaksudkan agar kerja mereka bisa efektif, cepat, dan terkoordinir secara baik.

BACA: TNI pulihkan infrastruktur Garut pasca-banjir bandang

“Jadi nanti tidak ada penumpukan massa yang hanya duduk, merokok, melihat orang susah. Tapi mereka bekerja secara cepat untuk membantu warga,” ucapnya.

Nantinya, kata Dedi, setelah titik-titik yang didatangi oleh Pasukan Cangkul telah bersih maka mereka akan beralih ‘profesi’ menjadi petugas cleaning service yang membantu membersihkan rumah warga. (KP)

Beri Komentar